9 NANO-NANO SAAT BEPERGIAN

Hallo kali ini saya mau berbagi sedikit bittersweet tentang bepergian. Bisa dibilang behind the scene kali yaa, karena kan orang-orang biasanya kalo posting di social media tuh kayanya yang enak-enaknya aja. Tapi emang bener nih readers kalo hidup emang ga akan bisa lepas dari kata ups and downs, flux and reflux yak begitu kira-kira. Nah begitu juga dengan bepergian. Kalo kamu pake jasa tour atau berlibur bersama keluarga mungkin hal-hal ini minim terjadi ya, tapi pasti ada aja deh haha. Ini adalah beberapa hal yang saya dan teman-teman alami ketika bepergian.

  1. Tempat Wisata yang Ga Sesuai

Wooh dasar mbah google tukang ngibul, edit wooy ediit. Yaaa yaa mulai nyalahin mbah google. Kadang-kadang nih suka ga valid kalo nemuin informasi atau kadang memang minimnya informasi yang tersedia tentang tempat tujuan tersebut. Ga sedikit dari kita yang suka ragu kalau udah liat info wisata terus dalem hati “hmmmm… masukkin ke itiner atau ga yaa?” Ada yang bilang bagus ada juga yang “boong boong  biasa aja itu mah!”

Kalo udah begini daripada urusannya jadi panjang mending ikhlasin aja kalo emang ga mau kecewa,tapi ga ada salahnya kamu mencoba, biar bisa memberikan info yang benar-benar valid ke next next next travellers. Bagus atau tidaknya tempat tergantung yang liat sebenernya. Hal yang biasa aja kalo ternyata bisa bikin bahagia pasti dibilang bagus wkwkwk.  Bahagia itu sederhanaaa~~~

03
maldives.com
04
Blogalila.com
  1. Miss Komunikasi dengan Travelmate

Aturan udah bisa langsung berangkat tapi harus jemput sana-sini. Kejadian ini terjadi waktu saya harus menjemput para kando dikantor polsek Cakranegara. Yaa ini emang ada miss komunikasi dari kedua belah pihak hahha. Waktu lagi mengambil tenda sewaan juga nih. Di Mataram , saya terpisah dengan partner saya.

Ada juga yang mungkin bete-bete gitu waktu temennya salah bacain arah dari info yang dikasih oleh Gmaps. Kenapa bang? capek ya mundur-mundurin motor buat balik arah? capek berhenti? wkwkwkkw

Tapi itung-itung nyasar-nyasar dikit, bisa jadi pengalaman sendiri. Kalo ga gini pasti ga punya cerita.

02
blog.relationshipsurgery.com

  1. Ketemu Orang Jahat

Ini lebih tepatnya dirasain kalo lagi backpacker dan ngenesnya lagi solo traveling. Waktu di Malang saya ketemu orang jahat. Sudah cukup lelah berkeliling wisata membuat saya tidak fokus pada waktu itu. Saya bertemu orang di bus jurusan kota Batu-Malang. Di situ seorang pemuda menanyakan dari mana, sendirian kah, tujuan selanjutnya ke mana dan alamat rumah. Dan saya menjawab segala hal yang menurut saya sangat privasi. Ketika saya turun di terminal Landung Sari ternyata dia ikutan turun dan mengikuti saya dan ga segan-segan nawarin bareng, tapi hati ga bisa boong tentang mana yang baik dan yang enggak #CEILEH. Alhasil, saya minta tolong seorang ibu agar tetap stay beberapa saat di samping saya. Pemuda itu naik ke angkot yang saya pastikan jurusannya tidak sama dengan saya yaitu ke Masjid Jami Malang. Setelah beberapa menit kemudian baru deh saya naik angkot dan Alhamdulillah saya berdiam di masjid Jami yang damai hingga penjemputan ke Bromo.

05
Kingsofwallpapers.com
  1. Kecewa dengan Hal yang “Di booking”

Ga jauh beda dengan point 1. Saya dan teman-teman mengalami kekecewaan tentang “Sesuatu” yang udah di booking. Apa aja tuh?

            Motor Sewaan

Kesalahan terjadi antara penyewa dan yang memberi sewaan. Waktu itu anak cewe udah pada di penginapan setelah berlayar sekian lama wkwkw. Motor yang kami sewa akhirnya diantar setelah Magrib. Jasa penyewaan nampaknya begitu tergesa-gesa. Saya belum mengembalikan ingatan saya setelah bangun tidur. Ingatan tentang apa saja yang “harus” saya cek. Mulai dari lampu sign, speedometer, fuel indicator, dan sebagainya. Seperti yang saya katakan penyewaan juga seperti tergesa-gesa sekali. Akhirnya saya sudah menerima kunci dan yak ketika para bujangan udah pada datang dan pegang motor. Hmmm kejanggalan ditemukan

Lampu tidak nyala

Fuel indicator tidak berfungsi

Hmmm dan perjanjian tentang bisa drop motor di area Mataram itu pun “BOKIS BANGET” jadi kami udah rencana drop motor di PO DAMRI karena kami harus ke bandara. Ternyata si jasa penyewaan ini maunya di drop di penginapan tempat motor itu diantar, parahnya lagi si jasa ga tau nih alias lupa-lupa inget jalanan menuju PO Damri. Hmmm mantep bangeeeet. Padahal waktu itu katanya selagi di area Cakranegara bisa dibalikin di situ aja, dan parahnya doi orang Lombok tapi gatau PO Damri, hmm. Gokil

012
searchenginejournal.com (diisi ga diisi sama aja, bikin waswas dan harus check tangki bensin apalagi kalo mau masuk tengah hutan) -__-” TIATI DEH

Jasa Tour

Sebelum tiba di Jogja, saya udah booking tuh tour kecil buat snorkel, saya juga udah mastiin dan chat secukupnya (jangan kebanyakan tar muntah yang nerima chat). Sampai di Jogja, cakep banget dia bilang oh rombongannya udah jalan tadi, terus kalo masih mau ikut nanti 1 jam kemudian. What what what. Ini abal-abal apa gimana sih, di IG masang jasa sok meyakinkan banget. Udah gitu hari H nya juga udah saya konfirmasi lagi dan OK tapi pas sampe TKP saya tunjukkin chatnya, dan katanya orang yang bales chat saya tadi lagi di rumah sakit, ibunya sakit.  Tolong ini gimana? Sia-sia aja saya booking. Akhirnya saya dan teman saya langsung buru-buru ke pantai berikutnya.

010
youthareawesome.com
  1. Mandi di mana?

Kalo lagi jalan-jalan jauh biasanya males banget buat mandi. Kadang alasannya tuh karena kamar mandinya kotor, atau airnya ga ada haha. Ya maklumin aja ya ndooo, namanya juga di tempat orang. Udah pernah mandi di kapal Ferry sambil goyang-goyang? Pernah mandi di stasiun yang toiletnya ga ada hanger-nya tapi kamu lagi pergi sendirian? Ahaaaha atau nemuin kamar mandi di kapal yang isinya hmm kotoran ngambang banyak banget (wkkwkw ini waktu ke Sumba), masih pengen mandi? Hahaha let us see.

09
Dreamstime.com

Perjalanan ke Kenawa (Sumba) dilakukan menjelang sore hari. Kala itu di kapal tepatnya toilet wanita, ada 2 kamar mandi kecil. Mengingat di pulau Kenawa tidak tersedia air bersih yang cukup banyak (tersedia sih tapi bayar bahahaa) akhirnya saya memutuskan mandi. Tapi ketika buka pintu kamar mandi isinya hmmm bukan maeeen, mampet kali ye? Aduh ane gatau juga nih yak. Yak feses ada di situ (yang mau muntah silahkan biar lega). Hasrat mandi udah ilang, pala udah pusing, pengennya muntah. Tapi ah, daripada lengket sampe besok pagi mending mandi aje udah, mandi lah di kamar mandi sebelah dengan berusaha menghilangkan bayang-bayang toilet samping. Hahahahaha

06
dreamstime.com

  1. Tidur di Lantai Stasiun

Tidur dari mulai hotel bintang 1 – 4 (saya sampe 4 aja), dormitory, losmen udah pernah kan? Tidur di teras stasiun sendirian tanpa beralaskan apa-apa hanya diselimuti scarf, pernah? Wkwkk saya pernah. Pulang dari backpacker-an saya sampai di pelabuhan Ketapang sekitar pukul 2:30 WIB dan kereta keberangkatan saya sekitar pukul 6:30 WIB kalau tidak salah. Saya pikir tempat-tempat umum dibuka 24 jam, termasuk stasiun. Karena saya pernah pergi ke Malang dengan jadwal jam 1 Malam  dan tentunya stasiun di buka. Tapi, tidak untuk Banyuwangi. Petugas pun hanya ada di pos saja dan akhirnya saya memutuskan untuk duduk, dan lama-lama kayak gembel tinggal dikasih kardus -_-. Saya tiduran bener-bener posisi rebahan di lantai dan alhamdulillahnya ga terjadi apa-apa. Sekitar pukul 4.30 petugas yang lewat membangunkan saya dengan sedikit usaha biar gimana  caranya tetep sopan banguninnya (pentung aja pak pentung). Hahahahay kalo mama saya sampe tauuu (HMMMM HMMMM JEDEEER!!!)

01
npr.org

  1. Lost and COULDN’T be Found

Yap, kalo ilang dan bisa ditemuin masih alhamdulillah banget tapi kalo hilang dan ga bisa ditemukan, gimana nih?  Pernah kehilangan apa saat bepergian? Kamera? Alat snorkel? Atau kehilangan Tripod? Sadarnya barang hilang di mana? Di tempat wisata? Hotel? Atau Rumah? Hahaha Atau ada yang kehilangan identitas? Paspor, visa atau KTP? Ini mah dicopet wkwkwk kalo urusan identitas sebelum ke mana-mana ada baiknya mengcopy sebanyak-banyaknya dan dibawa saat kalian bepergian dan sebelum bepergian kirimkan hasil scan ke kerabat terdekat via email. Setidaknya jika hilang dapat diurus dengan “sedikit” lebih mudah.

07
Oyster.com

  1. Malam-malam di Tengah Hutan

Pernah? Nah ini agak-agak menyeramkan. Waktu itu sepulangnya dari pantai di Jogja memang sudah terlalu sore. GPS mulai undetected, ga ada orang, cuma pohon-pohon dan rumput, sama bunyi kuntilanak yang saru ama bunyi jangkrik (WOELAAAH)  hmmm berdoa aja semoga ga ada begal waktu itu. Mengingat jaman sekarang sepi dikit begal beraksi. Setelah lumayan jauh berkendara akhirnya kami bertanya sama pemilik warung. Setelah diberikan arahan dan menemukan marka jalan akhirnya kami terlepas dari hutan-hutan itu.

 

08

  1. Bertemu yang Baik Hati

Kemana pun kamu pergi, jangan lupa berdoa agar selalu dilindungi. Finally, kamu bakalan nemu yang baik hati. Yang nolongin kamu cari alamat, nawarin penginapan gratis, yang ambilin kamu foto, nawarin tumpangan ke tempat tertentu, yang ngambilin topi dengan bros bersertifikat di tepian Danau. Ahahaha sampe akhirnya berwisata bareng dan sampe sekarang masih keep in touch 🙂

Cerita topi di tepian danau kaolin….

Nah jadi kemarin mba Dyah (travelmate waktu di Lombok) abis liburan bersama keluarga ke Belitung. Pas lagi foto-foto lengkap dengan topi yang ada bros bersertifikatnya , muncul angin dan menerbangkan topi nya sampai jatuh ke tepian danau Kaolin. Tapi, alhamdulillahnya si topi bisa diselamatkan oleh abang yang baik hati di sana, yang rela turun. Padahal katanya lumayan bahaya looh. (Ini ceritanya mba Dyah 🙂 )

011
huffingtonpost.com

Nah, itu tadi sembilan nano-nano dari saya. Kalian gimana?

9 thoughts on “9 NANO-NANO SAAT BEPERGIAN

    1. Terpaksa banget kemaren. Padahal udah mual-mual wkwkwkwk andai saja ada dry soap wkkwk jadi kaya ala2 dry shampoo. Rambut kotor tapi ga perlu keramas pake air tinggal spray jiakakakk

      Like

      1. Gapapa deh bang Andi. Masih ditunggu tp kalo ga nyampe berartiii di ikhlaskaan soalnya kan waktu itu Bang Andi bilang beberapa ada yg ga sampe2

        Like

Leave a Reply

